Hots 4C Literasi dan PPK pada Rpp Smk Kurikulum 2013 Revisi 2017

Pada rpp smk kurikulum 2013 Revisi 2017 adanya penjelasan mengenai HOTS, 4C, LITERASI, dan PPK, lalu bagaimana sih maksudnya ? Untuk penjelasan masing-masingsimak di bawah ini :
a. HOTS (Higher Order Thinking Skillis)
Sebagai cara berpikir cara berpikir pada tingkat yang lebih tinggi daripada menghafal,atau mencertikan kembali sesuatu yang barusn diceritakan orang lain.
b. 4C (COMMUNICATION,COLLABORATIVE,CRITICAL THINKING,DAN CREATIVITY)
– COMMUNICATION, Sebuah kegiatan transfer informasi baik secara lisan maupun tulisan.
– COLLABORATIVE, Kemampuan berkolaborasi atau bekerja sama.
– CRITICAL THINKING (berpikir krisis dan pemecahan masalah), Kemampuan untuk mehamami sebuah masalah yang rumit,dimaknai kempuan menlr,membuat pilihan,dan menyeledaikan masalah.
– CREATIVITY and INNOVATION, Kemampuan untuk mengembangkan,melaksnakan dan menyampaikan gagasan yang baru kepada yang lain,bersikap terbuka dan respon terhadap perspektif baru wajib ada di rpp smk kurikulum2013 revisi 2017.
c. Literasi
LITERASI adalah kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca,menulis,berbicara,menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.
d. PPK ( penguatan pendidikan berkaraktr)
PPK adalah program pendidikan di sekolah yang bertujuan untuk memperkuat karakter siswa melalui olah hati,olah rasa,olah pikir dan olah ragadengan dukungan atau kerja sama antara sekolah,keluarga,dan masyarakat yang merupakan dari GNRM.

Lihat disini : rpp smk kurikulum 2013 revisi 2017 , Secara umum,smk dapat ditempuh selama 3 tahun,ada juga yang 4 tahun, biasanya karena ada tambhan pkl atau praktek kerja lapangan selama setahun, penjurusan juga dimulai dengan minat dari siswa didik. Pilihan bidang keahlian yang beragam juga bidang keahlian di SMK memang banyak ragam,biasanya ditentukan dengan tuntutan industri dan ketersediaan lapangan kerja. Pembekalan kewirausahaan dengan masuk SMK siswa dapat materi praktek dan teori,tetapi juga kewirausahaan. Harapannya anak juga bisa menciptakan lapangan kerja sendiri. Bisa melanjutkan ke pendidikan tinggi Lulusan SMK juga dapat lanjut ke perguruan tinggi,politenik,akademik,atau sekolah tinggi.

Leave a comment